Selamat datang di Blog Pemberdayaan Masyarakat Desa Program Alokasi Dana Desa (ADD)

Semoga kami dapat memberikan solusi yang terbaik bagi permasalahan dan kesulitan dalam pelaksanaan ADD di Tenggarong Seberang...

Jumat, 04 Oktober 2013

Gubernur Kaltim Apresiasi Sukses Transmigran Asal NTB

Pemprov Kaltim mengapresiasi kesuksesan puluhan unit pemukiman transmigrasi warga asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah bekerja keras dan berpartisipasi dalam berbagai sektor terutama pertanian dan perkebunan di Kaltim.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di hadapan ratusan warga NTB disaksikan Gubernur NTB, Dr TG KH Moh Zainul Madji, MA  saat Pelantikan Dewan Pengurus Nahdlatul Wathan dan Kerukunan Keluarga Sasak Lombok di Samarinda.

Awang Faroek mengatakan bahwa warga NTB di Kaltim termasuk warga yang mampu menjaga kerukunan dengan warga sekitarnya, terutama warga asli Kaltim sehingga tidak pernah terdengar warga NTB membuat kerusuhan dan mengganggu keamanan.

“Luas wilayah Kaltim membutuhkan tenaga kerja untuk membangunnya. Tenaga kerja yang saat ini sangat dibutuhkan adalah tenaga kerja di bidang pertanian dan perkebunan. Jika saya amati, kemajuan pertanian dan perkebunan Kaltim juga berkat dukungan para transmigran asal NTB. Dan saya sampaikan trimakasih untuk itu,” kata gubernur, disambut aplaus peserta acara. 

Dijelaskan Gubernur, selain ditunjuk untuk pengembangan klaster industri berbasis gas dan kondensat serta klaster industri berbasis pertanian dan olechemical, Kaltim juga ditunjuk menjadi lumbung pangan nasional melalui program Rice Estate dan Food Estate.

Selain itu,  Kaltim juga menggalakkan  program satu juta hektar kelapa sawit yang telah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Diharapkan paling lambat pada 2013, program satu juta hektar sawit tersebut sudah dapat tercapai.

Ke depan, Pemprov Kaltim akan mengatur para transmigran yang ingin datang ke Kaltim sehingga dapat langsung bekerja dan tidak menjadi beban daerah karena  menganggur.  Para transmigran akan diatur dengan cara kerjasama antar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim dengan NTB.

Gubernur juga menaruh perhatian besar kepada warga NTB yang telah sejak lama menjadi transmigran di Kaltim. Jumlahnya kini mencapai 70.000 orang dan tidak sedikit dari mereka yang berhasil.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr TG KH Moh Zainul Madji, MA  mengatakan kerjasama dengan Pemprov Kaltim ini sangat besar manfaatnya bagi keseimbangan ekonomi dan sosial di NTB. Sebab setidaknya, 70.000 warga asal NTB yang dikirim sejak tahun 1990 an melalui progam transmigrasi bisa hidup lebih layak di Kaltim dan tidak menjadi beban NTB ketika mereka tetap di daerah dengan tingkat penghasilan yang minim atau labil.

Ia berharap kisah sukses ini dapat ditularkan kepada warga lainnya untuk dapat bekerja keras dan menjaga tanah Kaltim dengan amanah.

“Saya berpesan kepada 70 ribu warga NTB di Kaltim agar dapat hidup berdampingan secara damai, menjaga persaudaraan, dan tidak merusak tanah Kaltim sedikitpun sehingga membawa berkah bagi semua masyarakat,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar