Selamat datang di Blog Pemberdayaan Masyarakat Desa Program Alokasi Dana Desa (ADD)

Semoga kami dapat memberikan solusi yang terbaik bagi permasalahan dan kesulitan dalam pelaksanaan ADD di Tenggarong Seberang...

Jumat, 04 Oktober 2013

CONTOH KERANGKA ACUAN KERJA KEGIATAN PEMBANGUNA FISIK ADD


KERANGKA ACUAN KERJA
PEMBUATAN PLAT DUICKER BETON (2 X 6 X 1,5 M)
RT.08 DUSUN RINJANI INDAH
I.         Latar Belakang
1.      Berdasarkan usulan Kelompok Masyarakat Dusun Rinjani Indah Desa Kerta Buana yang menginginkan Plat Duicker yang menghubungkan antara antar wilayah RT maupun dusun.
2.      Pembuatan Plat Duicker beton dalam rangka mempermudah masyarakat dalam hal transportasi baik ke sarana ibadah maupun sarana pendidikan serta sarana umum lainnya.
3.      Pemukiman terpisahkan oleh parit yang membentang di tengah medan jalan, maka diperlukan sarana penghubung berupa pembuatan Plat Duicker beton dengan panjang 2 meter dan lebar 6 meter.

II.      Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dilakukan pembuatan Plat Duicker beton yakni  :
·         Maksud :
-          Untuk menunjang proses kelancaran aktivitas warga masyarakat Dusun Rinjani Indahkhusunya dan masyarakat Desa Kerta Buana pada umumnya.
-          Meminimalisir terjadinya dampak banjir dimusim penghujan dan kecelakaan akibat sarana gorong-gorong yang tidak memadai di lingkup wilayah Desa Kerta Buana.

·         Tujuan :
-          Memudahkan berbagai aktivitas masyarakat antar Blok dan mempermudah akses ketempat peribadatan, pendidikan dan falisitas umum lainnya.
-          Mewujudkan rasa kebersamaan dan membuka keterisoliran masyarakat yang bermukim di daerah pinggir desa.

III.   Keluaran
1.      Terwujudnya sarana penghubung antar pemukiman berupa tebuatnya Plat Duicker beton dengan ukuran panjang 2 meter dan lebar 6 meter.
2.      Terpenuhinya apirasi masyarakat masyarakat dusun Rinjani Indahpada khusuanya dan Desa Kerta Buana pada umumnya .

IV.   Hasil Yang Diharapkan
1.      Mobilitas dan aktifitas masyarakat desa berjalan lancar, karena Plat Duicker sebagai sarana mendekatkan berbagai aktifitas kehidupan masyarakat.
2.      Berbagai kendala dan permasalahan terhadap pelaksanaan pembangunan pemerintah desa maupun permasalahan sosial kemasyarakatan di kelompok tani tunas sari dapat segera ditangani/diselesaikan.

V.      Kerangka Pemikiran
1.      Sarana dan prasarana penghubung sangat di butuhkan dalam rangka mendukung proses kelancaran aktifitas dan mobilitas kehidupan masyarakat, khususnya Plat Duicker jalan penghubung.
2.      Sarana dan prasarana  yang memadai proses kegiatan pembangunan dapat berjalan lancar. Disatu sisi dapat membuka keterisoliran wilayah/daerah.
3.      Pelayanan publik yang cepat,tepat mudah menjadi tuntutan kehidupan masyarakat saat ini dan sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan, yakni undang-undang pelayanan publik.

VI.   Pelaksanaan
1.      Pembangunan Plat Duicker beton dengan ukuran panjang 2 meter dan lebar 6 meter, dilaksanakan oleh OMS Ikatan Remaja Langgar Al- Muhajirin Desa Kerta Buana selaku Pelaksana kegiatan.
2.      Pembangunan Plat Duicker beton dimaksud dengan menggunakan  batu gunung, besi betonneser 8”dan 12”, semen, pasir dengan rincian kebutuhan berikut ongkos tenaga kerja/upah kerja, sebagaimana pada rencana anggaran belanja (RAB) terlampir.
3.      Pembangunan Plat Duicker beton ini menggunakan tenaga konsultan atau menggunakan tenaga dari unsur  desa dan telah mengikuti peraturan/ketentuan yang berlaku.

VII.          Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
1.      Pembangunan Plat Duicker beton direncanakan dan dimulai dilaksanakan pada bulan  Juli 2013 sampai dengan bulan Agustus 2013 atau selama 10 hari kerja  dan pada bulan Agustus ahir dapat dipergunakan oleh masyarakat.
2.      Adapun pembangunan Plat Duicker beton tersebut terletak di RT. 08 Dusun Rinjani Indahdalam wilayah Desa Kerta Buana.

VIII.       Biaya Dan Mekanisme Pembiayaan
1.      Biaya pembangunan Plat Duicker beton dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 6 meter menggunakan sumber dana APB Desa yakni ; ADD tahun 2013 Tahap I (satu)
2.      Biaya yang diperlukan didalam pelaksanaan pembangunan Plat Duicker beton sebesar Rp  25.648.075,00 ,- (Dua Puluh Lima Juta Enam Ratus Empat puluh Delapan Ribu Tujuh Puluh Lima Rupiah) Dengan rincian sebagai berikut :
a.       Bahan-bahan ( Batu gunung, Besi Betonneser, Pasir, Semen,  batu split dll)
b.      Ongkos/upah kerja (terlampir)

Kerta Buana, 17 Juli 2013
Mengetahui
Kepala Desa Kerta Buana





S U K I S N O
Pelaksana
Ketua Ikatan Remaja Langgar Al- Muhajirin





SAHMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar